Jajaran Polres Aceh Singkil Hadiri Sosialisasi Cegah Penyakit Kaki Gajah

Tribatanewsacehsingkil.com – Aceh Singkil, Kapolsek Kuta Baharu IPDA Parulian Siregar menghadiri sosialisasi Cegah Penyakit Kaki Gajah yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Danau Bungara Kecamatan Kuta Baharu Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (22/10/19). Kegiatan yang digelar ini merupakan antisipasi penyebaran penyakit Kaki Gajah.

 

Kapolres Aceh Singkil melalui Inspektur Polisi Dua Parulian Siregar selaku Kepala Kepolisian Sektor Kuta Baharu mengatakan bahwa, “pada kesempatan ini kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mensukseskan program Filariasis atau Kaki gajah, Program ini merupakan program rutin yang telah dimulai dari tahun 2015, dengan tujuan tahun 2020 tidak ada lagi, paling tidak dapat mengurangi temuan tentang penyakit Kaki Gajah di Kecamatan Kuta baharu.” Ujarnya.

 

Pembukaan sosialisasi Pemberian Obat Pencegahan Massal Filariasis atau Kaki Gajah oleh Kepala Puskesmas Kuta baharu, bahwa Kesehatan bukan hanya tanggung jawab Pemerintah Pusat, Provinsi atau Kabupaten akan tetapi kesehatan juga merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat.

 

Kapolsek Kuta Baharu menambahkan, “melalui sosialisasi ini semoga yang hadir disini minimal dapat menyampaikan kepada keluarga dan masyarakat sekitarnya. akan pentingnya pencegahan penyebaran penyakit ini. Karena penyakit ini tidak dapat diobati, hanya dapat dicegah.” Tambah IPDA Parulian Siregar itu.

 

Penyebaran penyakit ini adalah melalui cacing filaria yang dibawa oleh nyamuk. Semua jenis nyamuk dapat menjadi pembawa parasit, jadi pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan membunuh cacing yang telah berada didalam tubuh dengan meminum obat yang dapat membunuh cacing filaria ini. (RMD)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *