Mekanisme Penerbitan SIM Di Polres Aceh Singkil

 

Tribratanewsacehsingkil.com – Aceh Singkil, Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan trampil mengemudikan kendaraan bermotor.

 

Sesuai dengan Pasal 77 ayat 1 Undang-undang No. 22 Tahun 2009, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan jenis kendaraan bermotor yang dikemudikan. Bagi warga masyarakat yang ingin mencari SIM agar datang sendiri ke Polres Aceh Singkil dengan waktu pelayanan penerbitan SIM diatur sebagai berikut :

 

-Senin – Jum’at : 09.00 – 14.30 WIB

-Hari libur Nasional tidak beroperasi.

 

Berikut mekanisme penerbitan SIM baru Golongan SIM A, C dan D perseorangan yang diterbitkan oleh Polres Aceh Singkil

-Mengisi kelengkapan administrasi seperti peserta uji SIM melampirkan KTP, surat keterangan dokter, bukti pembayaran OPNBP SIM dan isi formulir permohonan penerbitan SIM.                                                                                                      – Setelah itu masuk ke tahap ke-2 atau masuk ke proses ujian SIM seperti uji teori uji simulator dan uji praktik. Jika tidak lulus dianjurkan untuk mengulang dengan tenggang waktu paling lama 7 hari dan tenggang waktu kedua paling lama 14 hari.                       – Tahap ke-3 yakni proses penyelesaian dimana memverifikasi data, sidik jari, tanda tangan dan pas foto. Setelah itu proses selanjutnya mencetak SIM, penyerahan SIM dan pengarsipan seperti penyerahan berkas SIM ke Min Arsdok.

Persyaratan Usia

a. Usia Peserta Uji SIM Perseorangan paling rendah :
– 17 Tahun untuk SIM A, C, dan D;
– 20 Tahun untuk SIM B I;
– 21 Tahun untuk SIM B II.

b.    Usia Peserta Uji SIM Umum paling rendah :
– 20 Tahun untuk SIM A Umum;
– 22 Tahun untuk SIM B I Umum;
– 23 Tahun untuk SIM B II Umum.
Persyaratan usia, berlaku bagi Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing.

Persyaratan Administrasi

a. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli setempat yang masih berlaku;
b. Dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing meliputi :                                        -Paspor dan kartu izin tinggal tetap (KITAP) bagi yang berdomisili tetap di Indonesia;  -Paspor, visa diplomatik, kartu anggota diplomatik, dan identitas did lain bagi yang merupakan staf atau keluarga kedutaan;                                                           -Paspor dan visa dinas atau kartu izin tinggal sementara (KITAS) bagi yang bekerja sebagai tenaga ahli atau pelajar yang bersekolah di Indonesia;                            -Paspor dan kartu izin kunjungan atau singgah bagi yang tidak berdomisili di Indonesia;                                                                                                      -Surat Izin Kerja dan Kementerian yang membidangi Ketenaga kerjaan bagi Warga Negara Asing yang bekerja di Indonesia.

c. Bukti pembayaran biaya administrasi SIM.

Persyaratan SIM Baru (SIM A, C, dan D)

– Mengisi formulir pengajuan SIM Baru;
– Peserta Uji SIM telah berusia 17 Tahun;
– Melampirkan Kartu Tanda Penduduk ash setempat yang Sah dan masih berlaku serta 2 Lembar Foto Copy;
– Melampirkan Dokumen keimigrasian bagi Warga Negara Asing;
– Melampirkan Surat Keterangan Dokter;
– Melampirkan Tanda Pembayaran Permohonan Penerbitan SIM (TP3S) dari BRI;
– Lulus Uji Teori;
– Lulus Uji Simulator;
– Lulus Uji Praktik I dan II.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *