Video Ancaman Gunakan Senjata Api Viral, Polda Aceh Berhasil Amankan Pelaku

Tribratanewsacehsingkil.com – Banda Aceh, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Komisaris Besar Polisi Ery Apriyono bersama Direktorat Reserse Kriminal Khusus Kepolisian Daerah Aceh menggelar Konferensi Pers di Banda Aceh, Jum’at (8/11/2019). keberhasilan Tim Satuan Tugas KKB Polda Aceh mengamankan pelaku yang membuat Video pengancaman dengan menggunakan senjata api.

 

Kepala Kepolisian Resor Aceh Singkil Ajun Komisaris Besar Polisi Andrianto Argamuda Sarjana Ilmu Kepolisian memberikan apresiasi, “kami dari Polres jajaran Polda Aceh menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas keberhasilannya mengamankan pelaku yang melakukan pengancaman dan menimbulkan isu SARA di Provinsi Aceh.” Ungkapnya.

 

Pelaku yang diamankan itu berinisial YIR (55) dan RD (55), kedua pelaku berprofesi sebagai petani yang diamankan di desa Cot Raboh Baroh kecamatan Peusangan kabupaten Bireuen, Kamis (7/11/2019). Dua orang tersebut diduga melakukan tindak pidana ITE dan memiliki Senjata Api Illegal.

 

Kabid Humas Polda Aceh KOMBES POL Ery Apriyono menjelaskan bahwa, “dua pelaku itu melakukan provokasi atau SARA melalui media sosial Facebook atas nama YI serta memiliki senjata api ilegal, jadi Pasal yang disangkakan kepada pelaku adalah pasal 45A ayat 2 junto pasal 28 ayat 2 sesuai dengan UU RI nomor 19/2016 perubahan atas UU RI nomor 11/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE) tentang ujaran kebencian (hate speech) dan SARA.” Terangnya kepada para wartawan.

 

“Selain itu pasal yang disangkakan kepada pelaku adalah pasal 1 ayat (1) undang-undang Darurat nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan senjata api ilegal, Barang bukti yang diamankan berupa, satu buah akun Facebook, empat lembar Screenshot Postingan video yang diposting, satu pucuk senpi Laras pendek rakitan, enam butir peluru, dan barangbukti lainnya serta dua pelaku tersebut telah diamankan di Polda Aceh untuk dilakukan proses hukum lebih lanjut dan akan dilakukan pengembangan kasusnua.” Jelas Kabid Humas Polda Aceh KOMBES POL Ery Apriyono. (JASUN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *